Ada Lima Kejanggalan Kasus Mirna Versi Komnas HAM

Sabtu, 06 Februari 2016 - 09:04
Jessica Wongso

Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) mengaku menemukan kejanggalan dalam kasus kematian Wayan Mirna Salihin (27), hal inid dituturkan olehSiane Indriyani, komisioner Komnas HAM. Meskipun pihak kepolisian telah menetapkan Jessica Kumala Wongso (27) sebagai pelaku pembunuhan Mirna Salihin

Setidaknya terdapat lima kejanggalan yang ditemukan saat melakukan penelitian di lokasi.


Pertama, kata Siane, adanya pemanggilan secara paksa oleh Polda Metro Jaya terhadap Jessica Wongso sebanyak dua kali yaitu pada tengah malam dan adanya pemaksaan untuk mengakui perbuatannya

"Ini seolah-olah Jessica sudah menjadi tersangka. Padahal baru pemeriksaan saja. Jadi ada justifikasi terhadap Jessica sejak awal. Polisi seharusnya tidak boleh melakukan itu," ujar Siane saat diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Kedua, lanjut Siane, ada perbedaan saat rekonstruksi yang pertama dan kedua.

Pihak kepolisian dinilai telah menghilangkan beberapa adegan saat yang olah TKP untuk kedua kalinya, pada saat Hani sempat mencicipi kopi, tapi kepolisian hanya menjelaskan Hani menjilat.

Ketiga, menurut kesaksian Jessica saat mendatangi Komnas HAM beberapa waktu lalu, celana jeans yang dipakai diberitahu oleh Jessica kepada kepolisian, bukan ditemukan oleh polisi.

"Konteksnya berbeda antara dikasih tahu, dengan ditemukan. Selama ini polisi bilang ditemukan," ujar Siane.

Keempat, tempat kejadian perkara yaitu Cafe Olivier keesokan harinya telah membuka operasional untuk umum.

Harusnya, kata Siane, hal itu tidak boleh terjadi, karena dapat menghilangkan bukti-bukti yang ada di tempat kejadian perkara (TKP).

Kelima atau yang terakhir, Siane menilai seluruh kehadiran orang-orang yang terkait, pasti mempunyai alasan mengapa mereka berada di sana, jam berapa dan untuk apa mereka ada di sana dan polisi wajib memberikan keterangan seluas-luasnya kepada publik.

"Pasti ada suatu alasan mereka berada disana saat itu. Mengapa Hani duduk disitu, Jessica ada disitu, belum lagi ada suaminya yang tidak ikut tapi malah nunggu di luar. Nah polisi harus ungkap," lanjutnya.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA