Anies Ditagih Janji Waktu Kampanye Oleh MUI DKI, Bagaimana Jawaban Anies?

Kamis, 26 Oktober 2017 - 05:37
Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Rapat Paripurna Majelis Ulama Indonesia ( MUI) DKI Jakarta di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017).

Dalam rapat tersebut, Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta KH Zulfa Mustofa, menagih janji Anies di masa kampanye Pilkada DKI 2017 lalu, untuk membangun kantor MUI DKI. Selain itu, ia juga berharap agar Anies mengizinkan pengajian bulanan MUI Jakarta dapat digelar di rumah dinas gubernur.


Lantas, apa jawaban Anies? Dalam sambutannya, ia tak menjelaskan bagaimana merealisasikan janjinya itu. Anies hanya menyampaikan akan memperkuat posisi MUI Jakarta melalui koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta.

Meski belum memberikan jawaban pasti soal kapan dan bagaimana pembangunan kantor MUI Jakarta, namun mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berjanji akan mengadakan pertemuan kembali dengan MUI DKI Jakarta untuk membicarakan beberapa agenda. Tujuannya adalah untuk menjalin kerjasama yang lebih baik antara Pemprov DKI dan MUI DKI Jakarta.

"Koordinasi antara MUI dan pemprov akan kita tingkatkan. Jangan hanya di level gubernur, tetapi juga di bawahnya," ujar Anies.

Pada kesempatan itu, Anies menyampaikan, kegiatan agama sebagai pencerminan dari sila pertama Pancasila. Merujuk sila itu, maka penyelenggaran kegiatan agama hendaknya dipandang sebagai perintah konstitusi. Ini harus menjadi pedoman bagi seluruh aparatur di jajaran Pemprov DKI Jakarta.

"Sila satu Ketuhanan Yang Maha Esa adalah soal agama. Aneh kalau pemerintah menjauhi kegiatan agama. Ini perintah konstitusi dan saya disumpah untuk menjalankan konstitusi," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, KH Zulfa Mustofa, menagih janji Anies Baswedan yang disampaikan semasa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017. Salah satunya soal pembangunan kantor MUI DKI.

Seperti diketahui, MUI DKI kini masih menggunakan gedung Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara. Selain bukan gedung milik MUI DKI, lokasinya yang tidak strategis, juga disinggung oleh Zulfa.

Kami Majelis Ulama belum memiliki gedung dan saat sebelum pemilihan, Pak Anies berjanji 'Insya Allah akan mengusahakan gedung tersebut.' Kita malu sama kota Tangerang, MUI tingkat kota punya gedung dan masjid. Harapan kami bisa agak ke tengah, sehingga pengurus yang datang tidak kejauhan," kata Zulfa.

Selain soal gedung, Zulfa juga berharap agar pengajian bulanan MUI Jakarta yang digelar tiap hari Sabtu pertama awal bulan, dapat dilaksanakan di rumah dinas gubernur di kawasan Menteng, Jakarta Pusat seperti dahulu.

"Kemarin waktu kami tanyakan ke Pak Sekda (Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah), beliau bilang akan lapor dulu ke Pak Gubernur. Kami minta jawabanya di sini mudah-mudahan bisa kami dengar sekarang," ujarnya.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA