Awas Jangan Taruh Dompet Di Saku Belakang Celana

Minggu, 29 November 2015 - 11:55
Struktur Tulang Tak Seimbang

Para pria biasa menaruh dompet di bagian di saku belakang celana mereka, namun hal ini ternyata beresiko bagi kesehatan. Menaruh dompet di bagian ini bisa mempengaruhi saraf pada dalam tubuh. Kondisi ini disebut dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.

"Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex. Demikian seperti dilansir BBC.

Rasa sakit saraf Sciatic awalnya dirasakan pada bagian punggung bagian bawah lalu menjalar ke bagian paha belakang, berlanjut ke daerah lutut. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring.

Saraf Sciatic merupakan saraf terbesar di tubuh pada bagian belakang daerah bawah lutut, yang berawal dari sumsum tulang belakang lanjut hingga kaki.

Saat dompet di saku belakang, posisi duduk tanpa sadar jadi miring, akibatnya terjadi ketidakseimbangan yang melibatkan otot, tulang, dan sistem saraf. Untuk menjaga keseimbangan, panggul berusaha tetap menjaga keseimbangan, namun yang terjadi justru kurva kompensasi tulang belakang menjadi tidak sejajar. Hal ini mempengaruhi pergeseran bahu dan menyebabkan nyeri pada leher, punggung, dan bahu.








Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA