Awas KTP Lama Sudah Tak Berlaku, Segera Mengurus E-KTP

Minggu, 22 November 2015 - 13:04
E-KTP

KTP lama sudah tak berlaku lagi, hal ini kembali ditegaskan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebenarnya masa berlaku KTP model lama ini telah berakhir pada 31 Desember 2014. Pihak Kementerian Dalam Negeri juga mengingatkan agar warga yang masih belum memiliki KTP elektronik agar segera mencatatkan diri untuk mendapatkan kartu identitas baru yang lebih dikenal dengan sebutan e-KTP tersebut.

"KTP lama sudah tidak berlaku sejak 31 Desember 2014 dan sejak 1 Januari 2015 harus KTP elektonik," ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dalam acara lokakarya pers di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (21/11).

Zudan juga menghimbau warga yang sudah pernah melakukan perekaman untuk pembuatan E-KTP, untuk segera mengecek ke dinas kependudukan dan catatan sipil di masing-masing pemerintah daerah. Hal ini lantaran ada sebagian warga yang sudah merekamkan diri, e-KTP nya sudah dicetak, namun tak segera diambil oleh mereka.


E-KTP merupakan penanda identitas kependudukan yang sangat penting saat ini, sebab saat ini sudah ada beberapa penyelenggara layanan yang mengharuskan penggunaan e-KTP dan menolak KTP model lama.

"Seperti BPJS, Jasa Raharja, pembuatan SIM, itu harus menggunakan KTP elektronik. Kalau menggunakan KTP lama, dikembalikan, disuruh mengurus dulu KTP elektronik," imbuh Zudan.

Zudan juga mendorong seluruh unit layanan baik negeri atau swasta untuk mempunyai card reader (pembaca data) di e-KTP. Sebab, data dalam e-KTP memang sudah digital.

"Bank, BPJS, rumah sakit, semua agar pasang card reader. Ini agar semua unit layanan menggunakan NIK sebagai basis layanan. KTP elektronik itu data digital, tapi jangan perilakunya masih manual, masih dikit-dikit foto copy," ulasnya.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA