Awas Parkir Motor Sembarangan Didenda 250 Ribu

Minggu, 06 Desember 2015 - 11:09
Parkir Liar

Pengendara sepeda motor kini harus mulai disiplin dalam memarkirkan motornya sebab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mendenda sebesar Rp 250.000 per hari untuk pengendara motor yang parkir secara sembarangan. Peraturan tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta.

Andri Yansyah, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, mengatakan untuk peraturan denda parkir liar bagi kendaraan roda empat sebesar Rp 500.000 per hari sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda).

"Sekarang kami sedang memproses Pergub untuk parkir liar kendaraan roda dua sebesar Rp 250.000 per hari. Sanksi tersebut merupakan denda administrasi. Sebagai upaya agar para pengendara tidak memarkir kendaraanya sembarangan. Rencananya akan diterapkan mulai Januari 2016," kata Andri.


Penertiban parkir liar memang harus terus dilakukan secara terus menerus. Masih banyak pengendara yang menghiraukan peraturan pelarangan parkir sembarangan. Selain itu hal ini disebabkan masih banyak kawasan bisnis yang tidak menyediakan parkir yang memadai. Andri juga mengakui bahwa masih adanya oknum petugas Dishub yang 'bermain'. Sehingga juru parkir liar juga masih banyak yang berkeliaran.

"Karena itu, kami akan menindak tegas bagi para oknum Dishub. Kami sedang lakukan pendataan siapa saja yang terbukti. Jika benar maka kami akan pecat bahkan proses hukum. Karena ini sebagai bagian penegakan peraturan di dalam lembaga kami," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelolaan Teknis (UPT) Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sunardi Sinaga, mengatakan bahwa ia yakin dengan denda Rp 250.000 per hari bagi roda dua yang parkir liar, akan memberikan efek jera.

Sumber: Tribunnews.com






Loading...
loading...

BERITA LAINNYA