Bawaslu Akan Cek Petugas Yang Ngaku Bawaslu Datangi Warga Yang Protes Stiker Agus

Senin, 02 Januari 2017 - 13:32
Tetty Pataresia

Tetty Pataresia, warga Kramat Jati, Jakarta Timur, memprotes lantaran rumahnya dipasangi stiker cagub-cawagub, Agus-Sylviana. Protes ini dipostingnya di akun Facebook miliknya, dan menjadi viral. Kemudian Tetty didatangi oleh seseorang yang mengaku dari Bawaslu di rumahnya. Terkait hal ini, pihak Bawaslu akan mengecek mengenai hal ini.



"Harus dicek dulu oleh kita. Saya harus cek. Kalau petugas resmi kami datang pasti ada ID card dan surat tugas. Pemilik rumah harusnya tanya dulu. Kalau dari Bawaslu ada ID card-nya nggak? Nggak mungkin petugas kita sembarangan melakukan hal itu," kata Ketua Bawaslu DKI Mimah Susanti, Senin (2/1/2017).

Mimah mengatakan seharusnya warga bisa aktif dan kritis ketika ada pihak yang memberi atribut Pilkada. Bukan asal menerima dan melakukan protes saja. Identitas dari pihak tersebut juga harus diketahui jelas agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

"Masyarakat harus mengkonfirmasi kamu siapa, Anda siapa. Jangan sembarangan orang diberikan kesempatan untuk menempelkan stiker. Harus tahu identitas. Masyarakat harusnya bisa menolak," katanya.

Dalam penuturan Tetty, ia didatangi perempuan yang mengaku sebagai petugas dari kelurahan untuk pendataan pemilih Pilgub DKI 2017. Setelah itu, petugas mencatat nama Tetty dan sang ayah di balik stiker. Setelah bagian belakang stiker yang berisi data namanya dilepas, stiker itu ditempel di kaca jendela rumah Tetty.

Ternyata stiker tersebut bergambar pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni. Tetty sempat berdebat dengan perempuan tersebut karena dia tidak akan memilih pasangan nomor urut 1 itu. Selain stiker, perempuan itu memberikan kalender bergambar Agus-Sylvi.

Protes Tety itu dituangkan dalam status di Facebook. Setelah ia mem-posting, ada seseorang dari Bawaslu datang ke rumahnya di Kelurahan Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, pada Sabtu (31/12/2016) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.




loading...

BERITA LAINNYA