Cerita Jessica Diumpat Kata Anj*** Dan Ba** Oleh Polisi

Rabu, 27 Januari 2016 - 19:37
Jessica Kumala Wongso

Yudi Wibowo Sukinto, pengacara Jessica Kumala Wongso (27) menuturkan bahwa klien dan keluarga kliennya diperlakukan secara diskriminatif oleh pihak kepolisian. Bahkan menurut Yudi, polisi telah bertindak tidak manusiawi saat melakukan proses hukum pada Jessica Kumala Wongso.

"Dia dikasari dan diintimidasi polisi selama menjalani proses penyidikan," kata Yudi.

Oleh karenanya, mereka menyambangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk mengadukan polisi.

"Jessica pernah ditelepon polisi dan dikatai kata-kata tak manusiawi. Senin lalu, dia dipanggil Polda dan (dalam percakapan telepon) polisi nyebut kata-kata anj***, ba**," ungkap Komisioner Komnas HAM Siane Indriani ketika bertemu dengan Jessica di Gedung Komnas HAM, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Selain itu, Siane juga menceritakan Jessica diarahkan penyidik agar mengakui kalau dia membunuh Mirna. Bahkan, sejumlah polisi berteriak-teriak kasar saat menggeledah rumah Jessica. Sampai-sampai tetangga yang ada di sebelah rumahnya menganggap Jessica adalah pelaku pembunuhan. "Keluarganya shock. Ada judgment by the press yang menyebut Jessica adalah pelakunya," terangnya.

Lebih jauh, paparnya, seharusnya selama tahap penyelidikan polisi harus mengedepankan azas praduga tak bersalah. Dia juga menjelaskan, polisi selama proses penyelidikan harus mengacu pada ketentuan hukum yang berlaku.

"Dia (Jessica) bilang dia ditangkap dan dibikin surat di mobil. Seharusnya ada surat panggilan dan dipanggil baik-baik bukan digerendel gitu," tandasnya.







Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA