Dinilai Berisi Ujaran Kebencian, Situs Habib Rizieq Termasuk 7770 Situs Berbahaya

Kamis, 01 Desember 2016 - 18:21
Habib Rizieq

Sebelumnya pihak Instagram telah memblokir akun Instagram milik Habib Rizieq Syihab. Tak hanya Instagram, situs milik Rizieq juga diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).Pemblokiran ini bukanlah tanpa alasan, situs ini dinilai berisi konten negatif.

"Ini bukan karena namanya, tapi karena isinya dianggap berisikan konten negatif yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Humas Kominfo, Noor Iza.


Pemblokiran tersebut atas permintaan dari kolaborasi lembaga terkait, di antaranya Kepolisian, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Konten negatif tersebut, kata dia, di antaranya adanya ujaran kebencian dalam situs itu. Noor sendiri tidak dapat memastikan sampai kapan pemblokiran tersebut dilakukan. Bisa bersifat tetap, namun bisa juga akan dibuka kembali.

"Akan dibuka kembali sepanjang konten tidak berpotensi melakukan kesalahan itu lagi," kata dia.

Noor menyebut pemblokiran tidak hanya dilakukan pada situs Habib Rizieq, tetapi juga terhadap banyak situs lainnya yang dianggap mengandung ujaran kebencian.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir 7.770 situs, dan salah satu di antaranya merupakan situs milik pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut bahwa pemblokiran ribuan situs tersebut sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan. Pemerintah berhak menutup situs-situs yang memuat konten berbahaya bagi masyarakat, antara lain pornografi, radikalisme, dan SARA.

Ia menyebut bahwa pemblokiran situs bukan suatu hal yang baru. Kominfo, kata Rudiantara, memang rutin menyisir situs-situs yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. Selanjutnya, untuk menertibkannya pemerintah juga lebih dulu berkoordinasi dengan aparat penegak hukum.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA