Djarot Berharap Ahok Tak Dipindah Ke LP Cipinang, Ini Alasannya

Senin, 12 Juni 2017 - 20:15
Ahok Dan Djarot

Setelah Jaksa membatalkan upaya banding atas vonis hakim kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam kasus penistaan agama, kabarnya dalam waktu dekat ini mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan di pindahkan dari Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan jika itu merupakan keputusan Jaksa, dia berharap, sahabatnya itu tidak dipindahkan kembali ke LP Cipinang.


"Itu urusannya kejaksaan, kalau saya sih sebaiknya jangan, kalau di Cipinang jangan ya," kata Djarot di Kepulauan Seribu, Sabtu (10/6/2017).

Ada beberapa alasan disampaikan Djarot terkait harapannya agar Ahok tidak dipindahkan ke LP Cipinang, di antaranya, LP Cipinang over kapasitas dan rawan terjadi bentrok.

"Kalau ini berkekuatan hukum tetap, ya inkracht, sementara biar di Mako Brimob saja dulu atau daerah lain, tapi kalau di Cipinang susah, kenapa? Over kapasitas ya," ujar Djarot.

"Karena saya tahu sudah masuk ke dalam itu yang kedua rawan. di dalam rawan, di luar juga rawan. Kenapa? demo-demo bisa ke sana loh, dan itu ganggu, Anda lihat sendiri waktu pertama masuk ke sana, itu jalan diblok loh," paparnya.

Seperti diketahui, hakim memvonis dua tahun penjara kepada Ahok karena dianggap terbukti melakukan penodaan agama sebagaimana diatur dalam Pasal 156a KUHP. Dalam sidang putusan yang digelar pada (9/5/2017), hakim memerintahkan Ahok ditahan.

Mantan orang nomor satu di ibukota itu kemudian ditahan di LP Cipinang. Namun dengan alasan keamanan dan akibat dari aksi protes pendukungnya, sehari ditahan, Ahok kemudian dipindahkan ke Mako Brimob Depok, sambil menunggu proses hukum selanjutnya.

Setelah Ahok mencabut upaya banding, begitu juga dengan Jaksa penuntut umum, maka dapat dikatakan kasus yang menjerat mantan anggota DPR dari Fraksi Golkar itu telah berkekuatan hukum tetap (inkracht), dan kini ia berstatus narapidana. Karenanya sejumlah pihak berharap Ahok harus dipenjarakan di LP Cipinang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA