Gus Joy Saksi Pelapor Ahok, Dilaporkan Atas Dugaan Penipuan Tanah Wakaf

Kamis, 05 Januari 2017 - 19:16
Gus Joy Setiawan

Ada empat saksi pelapor yang dihadirkan pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sayangnya, kubu Ahok menilai saksi-saksi JPU yang dihadirkan Selasa (3/1/2017) tidak memenuhi kualifikasi. Salah satunya adalah Gus Joy Setiawan yang mengakui jika dirinya mendukung pasangan Agus-Sylvi dan sering menjawab lupa saat ditanyai dalam persidangan.

Kini Gus Joy Setiawan pun dilaporkan ke polisi. C Suhadi, penasihat hukum Kanjeng Norman Sophan selaku pelapor, mengungkap alasan mengapa melaporkan Gus Joy ke Bareskrim Mabes Polri.


"Kami melaporkan Gus Joy atas dugaan penipuan terhadap tanah wakaf," ujar Suhadi dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Kamis (5/1/2017).

Sengketa itu berawal saat Kanjeng Norman Sophan, kliennya, berkenalan dengan Gus Joy pada 2013 silam. Gus Joy mengaku memiliki banyak relasi serta merupakan pengurus pesantren. Dia berminat melanjutkan pembangunan masjid yang hendak Norman bangun.

"Karena itu saya wakafkan tanah yang mau dibangun masjid kepadanya," tutur Norman.

Dengan ikhlas, Norman memberikan tanah seluas 1.000 meter persegi di wilayah Sukanegara, Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Namun, hingga tiga tahun kemudian, tak ada tanda-tanda perencanaan pembangunan masjid.

Padahal, kehadiran rumah ibadah itu diharapkan dapat mendukung aktivitas peribadatan warga. Ini karena lokasi sekitar memang kekurangan masjid.
Atas dasar itulah, Norman bersama tim penasihat hukum melaporkan Gus Joy, karena menilai ada unsur penipuan yang dilakukan pria yang berprofesi sebagai advokat tersebut.




loading...

BERITA LAINNYA