Ini 6 Fakta Mengenai Pernikahan Wanita Jadi-Jadian Yang Bikin Geger Jember

Selasa, 24 Oktober 2017 - 12:08
Ayu Dan Fadholi

Warga Jember, Jawa Timur, Fadholi (21) menikahi Ayu Puji Astutik (23). Belakangan terungkap bila Ayu ternyata laki-laki. Berikut 6 fakta 'wanita jadi-jadian' yang menikahi pria tersebut :

1. Perkenalan Berjalan Alamiah


Fadholi-Ayu bertemu secara alamiah setahun lalu. Dari pertemuan itu, akhirnya keduanya sepakat untuk menikah.

"Saat itu saya mau mencari kerja di kawasan STAIN (sekarang IAIN Jember). Saat itu hujan dan saya ketemu sama mas ini (Fadholi). Kemudian saya kenalan dan diantar sama mas sekaligus siap bantu carikan pekerjaan," kata Ayu,.

Semenjak itu, keduanya sering bertemu dan akhirnya sepakat untuk pacaran. Ayu mengaku, bahwa selama pacaran itu, dia cukup sering berhubungan badan. Sampai akhirnya, keduanya sepakat untuk melangsungkan pernikahan.

"Karena saya nggak punya alamat, akhirnya saya minta bantuan orang Ajung untuk buat surat-surat. Pokoknya saya bayar terima beres," kata Ayu.

2. Menikah Secara Sah dan Meriah

Fadholi-Ayu menikah di KUA Kecamatan Ajung, Jember pada bulan Juli 2017 lalu. Selain itu, resepsi pernikahan juga dilakukan secara meriah.

"Pada saat menikah, datanya yang satu perempuan dan yang satu laki-laki. Jadi tidak ada yang aneh," kata Kepala KUA Kecamatan Ajung, Muhammad Erfan.

3. Ayu Mengelak Laki-laki

Isu pernikahan sejenis itu berkembang di masyarakat. Saat didatangi sejumlah wartawan di rumah Fadholi di Dusun Plalangan, Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, Ayu bersikukuh jika dirinya perempuan tulen. Bahkan, pengakuan itu juga dilontarkan di depan Kapolsek Panti dan Danramil Panti.

"Sumpah Pak, saya ini perempuan asli, dan saya siap membuktikan. Saya ini memang sudah lama difitnah (sebagai laki-laki)," kata Ayu.

4. Pembuktian

Untuk membuktikan jenis kelamin Ayu, maka dilakukan pembuktian. Hal itu dilakukan oleh seorang wartawati yang kebetulan tengah melakukan peliputan di rumah pengantin yang baru menikah 2 bulan itu.

Seorang wartawati televisi swasta mengajak Ayu ke kamar mandi untuk membuktikan bahwa dia adalah perempuan. Di dalam kamar mandi itulah kebenaran dibuktikan. Ternyata, Ayu memiliki kelamin laki-laki. Wajah Ayu pun pucat pasi.

Sayangnya, meski sudah ketahuan bahwa dirinya laki-laki, Ayu masih saja tidak mau mengakui kalau dirinya adalah pria asli.

5. Fadholi Pasrah

Fadholi mengaku hanya pasrah dengan apa yang dialaminya itu. Meski terlihat seperti orang ragu, Fadholi mengaku bahwa sejak kenal awal, Ayu adalah perempuan asli.

"Ya sekarang saya pasrah saja. Tapi kalau sudah jadi begini, saya mau ceraikan saja sudah," kata Fadholi.

6. Perangkat Desa Lega

Kepala Desa Glagahwero, Suryo mengaku lega persoalan itu akhirnya terungkap.

"Ini pembelajaran buat kami dan juga perangkat-perangkat desa juga KUA, supaya peristiwa seperti ini tidak terulang lagi," kata Suryo.

Sementara terkait dokumen-dokumen yang dikeluarkan desa untuk perlengkapan pernikahan seperti KTP dan KK, menurut Suryo bukan dikeluarkan dari pihaknya.

"(Dokumen) itu kan yang dari perempuan, dan bukan warga sini," katanya.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA