Lantaran Kebencian, Air MIneral Disangka Minuman Keras

Selasa, 29 November 2016 - 11:59
Foto Ahok Dan Tito Karnavian

Media sosial memang efektif untuk menyebarkan informasi, termasuk informasi yang tidak benar alias palsu. Seperti soal foto calon Gubernur DKI Jakarta, Tjahaja Purnama (Ahok) terlihat makan bareng denganKapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto ini sebenarnya merupakan foto lawas, diunggah pertama kali olehakun jejaring sosial Facebook dengan nama Jack pada 24 November silam ke grup 'BERANDA TOLAK JOKOWI DAN AHOK'.

Di keterangan foto tersebut, Jack menuliskan status bernada provokatif seperti ini:


Biar foto yang berbicara..
Atas ketidakadilan yang terjadi di Indonesia.
Acara minum-minum MIRAS bersama akibat sering gaul dengan Ahok.
Hukum hanya tajam ke bawah, tumpul ke atas.

Dalam foto itu, terlihat Ahok--sapaan karib Basuki--tengah duduk di meja makan bersama Kapolri, dan satu orang lainnya. Mereka terlihat menunjukkan ekspresi tertawa, entah apa yang mereka bincangkan. Namun, di atas meja makan tersebut, ada sejumlah hidangan dan sejumlah botol berwarna hijau yang disebut oleh Jack sebagai minuman keras.

Usut punya usut, botol di atas meja yang dikira berisi minuman beralkohol itu ternyata adalah air mineral dengan merek Equil. Tak pelak, status Jack tersebut menjadi bulan-bulan para pengguna media sosial, terutama di Facebook dan Twitter. Seperti komentar yang dilontarkan pengguna Twitter bernama @imanlagi.

"PR gubernur DKI terpilih: mengurangi kesenjangan sosial yg masih tinggi. Misal: ada orang yg ga pernah liat Equil," cuit @imanlagi.

Ada pula netizen dengan akun @goodmoaning yang menyindir dengan nada sinisme.

"mohon maaf nih saya memang dari kampung tapi saya tau botol hijau itu equel air mineral doang di indomaret alfamart banyak," kicau @goodmoaning.

Sementara, netizen akun @supermomo memiliki komentar menyebut para hater sudah dibutakan oleh kebencian.

"Equil itu bukan barang umum, nggak semua orang pernah makan di tempat yang menjual Equil. Wajar kalo ada yang nggak tau. Ditambah sama aura kebencian. Yaudah. Kelar," kicau @supermomo.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA