Luar Biasa, Dengan Gunakan Bambu, Kakek Ini Seorang Diri Halau Balapan Liar

Kamis, 23 Juni 2016 - 18:53
Kakek Sumarjono

Seorang warga Semarang melakukan aksi yang patut diacungi jempol, pria berusia 63 tahun ini dengan keberanian tinggi, seorang sendiri membubarkan balapan liar. Sang kakek membawa sebilah tongkat bambu dengan nekat menghadang anak-anak muda yang mengadakan balapan liar di Jalan Dr Suratmo Semarang. Kakek bernama Sumarjono ini merupakan warga Taman Sri Rejeki, Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat.

Ia berdiri di tengah jalan, melintangkan tongkat bambunya dan mengayunkannya kepada siapa pun peserta balapan liar yang mendekat.

"Saya pernah diajak berkelahi sama anak-anak itu. Tapi saya tidak takut," kata Sumarjono.


Sumarjono tak gentar, ia makin galak menghalau balapan liar demi kepentingan bersama pemakai jalan. Aksi sang kakek ternyata sudah sering dilakukannya, ia mengaku miris saat melihat korban jiwa di jalan raya. Dari hal inilah, ia pun berupaya sekuat tenaga untuk membubarkan balapan liar dengan caranya sendiri.

"Apalagi kalau korban jiwa di jalan raya itu akibat ceroboh. Orang lain yang menjadi korban, bukan yang suka trek-trekan (balapan liar-red) itu," katanya.

Kakek Sumarjono pernah melihat kecelakaan yang melibatkan pengendara yang melintas dengan remaja yang ikut balapan liar, korban ditinggalkan begitu saja oleh para remaja ini.

"Anak-anak yang trek-trekan itu kebanyakan bukan warga sini. Jadi takut," kata Sumarjono.

Tindakan Sumarjono terbukti sangat efektif, dengan berbekal bambu sepanjang 1,5 meteria bisa membuat takut para remaja tersebut, para remaja ini selalu saja balik badan memutar arah jika melihatnya. Warga setempat mengena Sumarjono dengan panggilan Mbah Sunar. Ia memang sangat peduli dengan keselamatan di jalan raya.

"Kayaknya dulu cucunya pernah jadi korban tabrak lari anak-anak yang balapan itu. Makanya dia jengkel banget kalau lihat anak-anak kayak gitu," kata Tri Mulyono, warga Jalan Borobudur, Semarang.

Hendrar Prihadi, walikota Semarang mengapresiasi aksi Sumarjono. Lewat akun Instagramnya @hendrarprihadi, Hendi menulis singkat.

"Mari beri Apresiasi kepada kakek Sumarjono!," tulis Hendi di akun Instagramnya.




Loading...
loading...

BERITA LAINNYA