Luar Biasa Hebatnya Jokowi, Kebijakan Politiknya Bisa Membuat Singapura Kelimpungan

Jumat, 22 April 2016 - 20:42
Jokowi

Dibandingkan dengan Singapura, Indonesia mengakui jika perekonomian negeri singa ini lebih maju dibanding Indonesia. Namun jika dilihat dari luas wilayah, sumber daya alam, Indonesia jauh melampaui Singapura. Meskipun predikat Israelnya Asia Tenggara melekat pada Singapura, namun Indonesia juga bisa membuat Singapura jatuh miskin.

Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia sedang mewacanakan program pengampunan pajak atau yang dikenal dengan istilah Tax Amnesty. Program ini ditunjukkan untuk meningkatkan pendapatan negara melalui pajak karena banyak uang Indonesia tersebar luas di luar negeri.




Menurut pakar ekonomi, Aviliani, jika program ini mulai diterapkan maka banyak negara yang khawatir jika rupiah akan pulang kampung.

Aviliani juga mengatakan kalau Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya. Tapi sayangnya, sebagian besar uang yang dibayarkan Wajib Pajak disimpan di luar negeri.

Salah satunya di Singapura, di mana Aviliani menyebutkan bahwa ada Rp 3.000 triliun uang Indonesia di negara tersebut. Jika semua uang itu ditarik kembali ke Indonesia, maka perekonomian Singapura akan anjlok.

Negeri terkecil di kawasan Asia Tenggara tak tinggal diam begitu saja, Singapura akan menerapkan kebijakan penawaran kewarganegaraan Indonesia bagi mereka yang tinggal di Singapura.



Jika kebijakan Singapura tersebut sampai berjalan mulus, otomatis kebijakan tax amnesty akan gagal karena banyak orang Indonesia yang akan pindah ke Singapura.

Akan tetapi, jika warga Indonesia memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, mereka akan tetap tinggal di Indonesia, sehingga kebijakan tax amnesty bisa berjalan lancar dan diharapkan bisa memperbaiki perekonomian negara.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA