Miris, Pura-Pura Menjadi Mualaf Demi Mendapatkan Sejumlah Uang

Selasa, 15 September 2015 - 19:42
Ilustrasi Penipuan

Penipu yang satu ini memang sungguh terlalu, ia berpura-pura ingin menjadi mualaf hanya untuk mendapatkan sejumlah uang. Pria bernama Apulia Sitompul, 44 tahun, juga melakukan penipuan ini tidak hanya sekali namun sudah sebanyak tiga kali.

Apulia, warga asal Simalungun, Sumatara Selatan akhirnya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ia berhasil ditangkap dan diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ia berpura-pura ingin menjadi mualaf lantaran agar mendapatkan uang sumbangan dari jamaah. Ia juga mendapatkan sedekah sejumlah barang dari aksi menipunya ini.


Apulia ditangkap 23 Juni 2015 yang lalu, di Masjid Jami Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Saat itu pukul 11.30 WIB, pelaku sengaja mendatangi petugas keamanan kampus Yarsi, dan mengaku ingin menjadi mualaf. Petugas kemanan kemudian menyampaikan hal ini pada Uun Munir, Imam Masjid.

Pelaku kemudian mengucapkan dua kalimat Syahadat saat jamaah usai menunaikan salat zuhur. Jamaah yang hadir kemudian mendoakan pelaku, tak hanya itu mereka bersimpati dan memberikan sumbangan uang sebesar 599 ribu rupiah, ada juga yang bersedekah dengan barang.

Setinggi-tingginya tupai melompat, akhirnya jatuh juga, kedok Apulia akhirnya terbongkar. Seorang jamaah mengatakan pernah melihat wajah Apulia terpampang di internet. Pria ini terpampang di internet dan disebut-sebut sebagi mualaf palsu. Bahkan pakaian sweaterkuning yang dikenakan pelaku sama persis dengan foto yang beredar id internet.

Pelaku yang ditangkap mengaku tidak berniat masuk Islam, ia sengaja melakukan hal tersebut demi mendapatkan sumbangan dari para jamaah. Ia seorang pengangguran, tak memiliki pekerjaan. Pelaku dua kali sebelumnya beroperasi di Masjid Jannatin Marinir Cilandak dan Masjid Pondok Indah Jakarta Selatan.

Akibat perbuatannya, pelaku pada hari Senin (14/9/2015) diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA