Novel Bamukmin Jadi Saksi Kasus Ahok, Ditanya Soal Kata Pakai

Selasa, 03 Januari 2017 - 14:00
Novel Bamukmin

Ada 6 saksi pelapor yang dihadirkan dalam sidang keempat kasus yang menjerat calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Dari 6, hanya empat yang hadir, seorang telah meninggal dan seorang tak bisa hadir. Novel Bamukmin, Ketua FPI DKI ini dipanggil menjadi saksi pertama yang diperiksa. Ia sempat ditanya mengenai ada tidaknya kata 'pakai' dalam laporan.

Novel yang juga tergabung Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) merupakan salah satu pihak pelapor. Dia dihadirkan sebagai saksi di persidangan, terkait posisinya sebagai pelapor itu.

Kuasa hukum Ahok, Sira Prayuna bertanya ke Novel terkait ada tidaknya kata 'pakai' dalam laporan itu. Sebagaimana diketahui kata 'pakai' sempat jadi perbincangan setelah muncul anggapan awal Ahok menyatakan 'dibohongi Al Maidah 51'. Padahal dalam rekaman yang utuh berbunyi 'dibohongi pakai Al Maidah 51'.

Sira bertanya dengan landasan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Novel yang menurut Sira tidak mencantumkan kata 'pakai. Ketua Majelis Hakim Dwiarso juga ikut menanyakan ke Novel mengenai ada tidaknya kata 'pakai' dalam laporan itu.

"Mau ada kata pakai atau tidak, faktanya adalah penodaan agama," kata Novel.

Soal pemakaian kata 'pakai' ini pernah menjadi perbincangan. Namun akhirnya polisi menetapkan Ahok sebagai tersangka penistaan agama dan kasusnya bergulir ke persidangan hari ini.




loading...

BERITA LAINNYA