Saipul Jamil Dituntut Minta Maaf Ke Publik

Sabtu, 20 Februari 2016 - 11:45
Saipul Jamil

Saipul Jamil (35) mendapat kunjungan dariAsrorun Ni'am Sholeh, KetuaKomisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Kepada Saipul, Ni'am memintanya untuk meminta maaf atas dugaan pelecehan yang dilakukannya terhadap DS. Saipul juga diminta untuk memberitahu penggemarnya untuk tidak mengikuti perbuatannya.

"Terkait dengan tanggung jawab sebagai public figure kemudian ada proses komunikasi dan menurut informasi Kapolres (dia) sudah mengaku, ini perlu speak up-lah minta maaf," ujar Ni'am usai menemui Saipul di Mapolsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (19/2/2016). Ni'am didampingi Sekjen KPAI Erlinda.


Menurut Ni'am, Saipul perlu menyatakan bahwa tindakan yang dilakukannya tidak dibenarkan oleh hukum, moral, etika sosial, sehingga tidak ditiru oleh koleganya atau fans yang banyak dari kalangan anak-anak.

"Saya kira itu penting, tapi pemaafan itu tentu tidak dalam kerangka pembebasan dari hukuman," kata Ni'am.

Ni'am berharap Saipul Jamil dihukum sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Tujuannya untuk pengurangan volume kejahatan terhadap anak.

"Salah satu mekanisme (untuk pengurangan volume kejahatan terhadap anak) kita menghadap Presiden untuk penerbitan Perppu Pemberatan hukuman. Itu bagian dari ikhtiar kita untuk mengurangi berulangnya tindak kejahatan itu," tutur dia.

Apalagi, lanjut Ni'am, korban Saipul masih di bawah 18 tahun dan masih sekolah. Korban juga tidak sadar atas tindakan dugaan pencabulan yang dilakukan Saipul.

"Artinya ada unsur tipu daya di situ, di samping UU Perlindungan Anak sebenarnya ini bisa dikenakan pasal berlapis atau junto dengan KUHP pasal 292 yang secara eksplisit menegaskan hukuman bagi orang yang melakukan pencabulan dengan sesama jenis," ucap Ni'am.

Saipul Jamil ditangkap polisi di rumahnya pada Kamis (18/2/2016) pagi. Saipul ditangkap atas aduan remaja pria fans Saipul dan melaporkan adanya pencabulan.

Sumber : detik






Loading...
loading...
Loading...

BERITA LAINNYA