Video Elanto Wijoyo Gertak Polisi Yang Terima Pungli

Minggu, 04 Oktober 2015 - 19:51
Video Elanto Gertak Polisi

Sosok Elanto Wijoyono menjadi bahan perbincangan ketika dengan berani, ia sendirian menghadang rombongan motor gede yang hendak menerobos lampu merah. Aksi hebohnya ini dilakukannya di simpang empat Condong Catur, Depok, Sleman. Keberanian Elanto ini membuat masyarakat berdecak kagum. Aksinya ini terekam dalam sebuah video.

KEBERANIAN ELANTO


Tanggal 3 Oktober 2015 yang lalu, Elanto kembali membuat kehebohan. Kali ini ia mengunggah 3 video amatir berseri di youtube. 3 video ini diberi judul, 03/10 - Ada Apa di Pos Polisi Jokteng Wetan #Jogja Ini?

Elanto memang berani bersikap saat menemukan ketidakbenaran. Termasuk yang ditunjukkan dalam video, ia melihat hal yang janggal dengan ulah oknum polisi lalu lintas di Pos Polisi Jokteng di Perempatan Jl Brigjen Katamso Jl Parangtritis, Yogyakarta. Kejadian yang terjadi sekitar pukul 17.00-17.30 WIB ini memperlihatkan seorang kernet sopir truk memberikan "uang jalan" kepada polisi di pos mereka.

Wajah Elanto tak ditunjukkan, hanya terdengar suaranya. Ia bertanya jawab dengan oknum petugas polisi yang ada di pos mereka. Di video pertama, tampak seorang kenek atau sopir truk mendekati pos lalu keluar lagi dan meninggalkan pos. Elanto pun tak segan-segan menggunakan kameranya untuk menyorot pos polisi. Polisi nampak kikuk dan enggan banyak bicara saat Elanto menanyakan tujuan kenek atau sopir masuk ke pos.

Nyukani pinten Pak? (Ngasih berapa Pak?), tanya Elanto pada kenek.

Kenek truknya masuk masak nggak ada apa-apa? Ngasih surat atau ngasih apa? Kalau ngasih surat saya pengen tahu isi suratnya apa? tanya Elanto pada petugas.

VIDEO MASUK MEDIA SOSIAL

Di youtube, video Elanto ini telah ditonton ribuan kali. Selain youtube, Elanto juga mengunggah videonya di twitter dan facebook. Video Elanto diberi deskripsi sebagai berikut :

Video (1) : https://www.youtube.com/watch?v=sImBRZDSMDk
Sebuah truk bermuatan pasir berhenti di utara pos polisi. Kernet truk (baju biru) turun dan jalan kaki menuju pos polisi. Dia masuk pos polisi selama beberapa detik saja dan kemudian jalan keluar kembali ke truk. Saya tanya baru saja memberikan apa ke polisi, dia tidak mau jawab. Saya masuk pos polisi dan menanyakan apa yang baru saja diberikan oleh kernet truk tadi kepada 3 polisi yg ada di dalam pos. Namun, tidak ada satu pun petugas yang mau menjawab. Satu per satu mereka menghindari saya.

Video (2) : https://www.youtube.com/watch?v=TOq7dKY3yzo
Saya keluar pos polisi dan berdiri di utara pos. Selang beberapa saat ada satu orang polisi datang ke pos polisi. Beberapa waktu kemudian, dia menghampiri saya. Dia mengajak saya bicara di dalam pos polisi. Saya menolak ajakannya. Saya minta untuk bisa bicara di luar pos polisi saja, tapi dia menolak. Tidak ada kesepahaman, akhirnya dia kembali masuk ke pos polisi. Petugas ini menolak sebutkan identitasnya.

Video (3) : https://www.youtube.com/watch?v=XES2wiLQY
Satu truk bermuatan pasir kembali berhenti di utara pos polisi. Kernet truk (berbaju hijau) turun dan menuju pos polisi. Namun, sebelum masuk pos polisi, seorang ibu warga yg tinggal di belakang pos polisi, menghadangnya dan membisikkan pesan ke kernet tersebut. Kernet itu tak jadi masuk pos polisi dan saya tanya akan memberikan apa. Dia tidak mau mengaku ketika saya tanya apa yang ada dalam genggaman tangannya. Polisi yang tadi hampiri saya di trotoar mencegah saya untuk menayai kernet truk tersebut. Namun, dia tidak berani melangkah jauh dari pos polisi. Kernet itu sempat memberikan semacam tanda kepada petugas di dalam pos polisi, tapi petugas tsb menggelengkan kepala. Kernet tsb akhirnya kembali ke truk dan lanjutkan perjalanan.

Tolong bantu saya untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di pos polisi ini? Adakah yang bisa menjelaskannya? Soalnya saya sudah coba bertanya kepada petugas, tapi tidak ada yang mau menjelaskan.




Loading...
loading...

BERITA LAINNYA