[Video] Guyonan Inilah Yang Membuat Raffi Ahmad Terancam Dipolisikan

Selasa, 03 November 2015 - 19:08
Raffi Ahmad

Artis Raffi Ahmad mendapat masalah akibat guyonan yang dibuatnya di acara televisi. Guyonan ini dibawakannya di acara Happy Show yang tayang di sebuah televisi swasta. Raffi dinilai telah melecehkan profesi wartawan. Dalam acara itu, Raffi sepanggung dengan Billy Saputra, ia menyebut kaum jurnalis yang 'mata duitan'.

"Kalau wartawan lagi ngeriung (kumpul), misalnya lagi ngejar berita, giniin saja (lempar) duitnya. Wartawan kan, setiap orang kan mata duitan, giniin aja (sebar recehan)," ujar Raffi sambil tertawa-tawa.


Guyonan ini menyinggung profesi wartawan, Poros Wartawan Jakarta (PWJ) menlai jika Raffi telah menghina profesi wartawan. Raffi bisa dipolisikan akibat ulahnya.

"Guyonan Raffi dalam acara reality show di TV swasta sungguh menyayat perasaan kami sebagai pekerja media. Pernyataan Raffi ini bisa masuk ranah pidana, karena telah menghina profesi kami," kata Tri Wibowo Santoso,Ketum PWJ.

Tri Wibowo juga menegaskan jika Raffi bisa dijerat dengan ketentuan yang ada dalam KUHP.

"Pencemaran nama baik bisa pada Pasal 310 ayat (1) KUHP. Ancaman pidananya maksimal 9 bulan dan pada ayat (2) ancaman pidananya maksimal 1 tahun 4 bulan. Untuk fitnah, diatur pada Pasal 311 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 4 tahun," kata Bowo.

PWJ meminta kepolisian segera bertindak atas apa yang telah dilakukan Raffi Ahmad.

"Raffi bisa tenar karena media. Sudah tenar, malah menginjak-injak profesi kami. Tapi ini juga tidak bisa dibiarkan. Oleh karena itu, kami minta Kepolisian untuk menindaklanjuti pasal penghinaan yang dilakukan Raffi Ahmad terhadap insan pers," kata Bowo.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberi sanksi pada acara Happy Show, acara ini pun terancam dihentikan. Raffi sendiri telah meminta maaf atas guyonannya.

"Saya pribadi minta maaf yang sebesar-besarnya kalau memang ada becanda-becandaan yang malah menjurusnya ada pihak-pihak yang tersinggung, terutama temen-temen wartawan," kata Raffi.

Raffi mengatakan jika apa yang dilakukannya tak bermaksud menghina, ia hanya berimprovisasi dalam menghibur. Ia pun mengatakan selalu minta maaf sehabis acara.

"Kalau saya pribadi sih enggak ada ke arah sengaja gitu. Tapi kan saya manusia biasa, saya minta maaf dan mohon dimaafkan. Mudah-mudahaan temen-temen semua mau memaafkan atas ketidaksengajaan ini," tuturnya.

Raffi Ahmad juga menuturkan jika dirinya selama ini selalu menjaga hubungan baik dengan para wartawan.

"Kalau dari hati, nggak ada niatlah. Apalagi, teman-teman wartawan selalu support aku. Sampai sekarang aku dan teman-teman wartawan hubungannya baik. Kalau ada apa-apa sering berhubungan, misal mau undang acara," ujar Raffi.

Sumber : tribunnews.com






Loading...
loading...

BERITA LAINNYA