Generate file : /sitefiles/berantai/detail/jimaf-laporkan-rizieq-atas-dugaan-menyebar-berita-bohong-dan-bermuatan-sara.htmlmasuk JIMAF Laporkan Rizieq Atas Dugaan Menyebar Berita Bohong Dan Bermuatan SARA

JIMAF Laporkan Rizieq Atas Dugaan Menyebar Berita Bohong Dan Bermuatan SARA

Senin, 09 Januari 2017 - 09:57
Habib Rizieq

Habib Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) kembali dilaporkan ke kepolisian. Pihak pelapor adalahJaringan Intelektual Muda Anti-Fitnah (JIMAF), Rizieq dilaporkan keSentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (8/1/2017) sore. Rizieq dilaporkan dengan tuduhan dugaan penyebaran berita bohong dan kebencian bermuatan SARA.

Ketua JIMAF Herdiyan Saksono Zoulba mengatakan, dugaan penyebaran berita bohong dan kebencian bermuatan SARA tersebut disampaikan Habib Rizieq saat ceramah di suatu tempat dan disebarluaskan melalui jejaring sosial Youtube.


"Pokoknya menyebut adanya simbol Palu-Arit dalam pecahan mata uang rupiah yang baru dikeluarkan Bank Indonesia (BI) dengan dikonotasikan simbol PKI," ujarnya kepada awak media selesai melakukan pelaporan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu, (8/1/2017).

Dalam laporan yang diterima pihak Polda Metro Jaya dengan nomor LP/92/I/2017/PMJ/Ditreskrimsus, tertanggal 8 Januari 2017 itu, mereka juga menyerahkan barang bukti berupa rekaman video dan screenshot saat Habib Rizieq ceramah, yang diambil dari akun Youtube.

Dalam rekaman video ceramah Habib Rizieq yang berdurasi kurang lebih 3 menit tersebut, terdapat pernyataan yang terindikasi adanya dugaan tindakan pidana. Atas dasar itu, Herdiyan menganggap, pernyataan Habib Rizieq tersebut dapat menimbulkan persepsi yang berbeda di masyarakat dan dapat menimbulkan perpecahan bangsa.

"Jelas ini merupakan masalah serius, mengingat masalah mata uang adalah bagian dari kedaulatan negara. Tentunya melalui penegakan hukum terhadap pihak-pihak yang diduga telah menyebarkan isu yang meresahkan ini dan berpotensi memecah belah bangsa," katanya.

Selain itu, berdasarkan klarifikasi dari Bank Indonesia (BI) pihaknya telah membantah tuduhan Habib Rizieq, dengan menegaskan gambar tersebut bukan 'Palu Arit' melainkan hologram BI yang sekarang berubah.

Dalam laporan tersebut, Habib Rizieq disangkakan melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.




loading...

BERITA LAINNYA