Generate file : /sitefiles/berantai/detail/komentar-pengamat-politik-soal-kota-apung-agus-wah-itu-sih-pikiran-kacau.htmlmasuk Komentar Pengamat Politik Soal Kota Apung Agus : Wah, Itu Sih Pikiran Kacau

Komentar Pengamat Politik Soal Kota Apung Agus : Wah, Itu Sih Pikiran Kacau

Senin, 09 Januari 2017 - 15:36
Agus Yudhoyono

Waktu lalu komentar Cagub DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono mendapatkan kritikan keras dari banyak netizen. Hal ini lantaran Agus menyinggung mengenai "kota apung" untuk mengatasi banjir. Arbi Sanit, pengamat politik ini pun ikut mengomentari pernyataan Agus.



Menurut Arbi, apa yang diutarakan Agus memang terinspirasi dari beberapa tempat di dunia, namun hal itu sangat sulit diterapkan di Jakarta.

"Dia terinspirasi di tempat-tempat lain, tapi kan situasi alam dan kondisi berbeda. Sungai Jakarta kan kecil dan sempit," kata Arbi, Senin (9/1/2017).

Arbi menilai, jika kota apung sampai terbersit di benak putera sulung Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu dan ingin diterapkan di Jakarta, maka itu adalah pikiran yang kacau.

Pasalnya, untuk membersihkan sungai di ibukota dari sampah saja, menurut Arbi, tidaklah mudah. Bahkan normalisasi sungai dengan cara menertibkan pemukiman liar di bantaran sungai seperti yang selama ini dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kerap mendapat masalah.

"Wah itu sih pikiran kacau. Prinsip dasar membenahi sungai di Jakarta adalah dibersihin dari sampah, dilebarin agar jangan terjadi banjir," ujar Arbi.

"Gak bisa (kota apung), sungai di Jakarta kan sempit. Terus penanganan sampah aja masih butuh kerja keras kok. Orang pinggir sungai saja dibenarin jadi masalah, apalagi ini berniat bangun di atas aliran sungai," jelas Arbi.

Sebelumnya, calon gubernur DKI Jakarta nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono sempat menyinggung soal "kota apung" sebagai salah satu cara mengatasi banjir.

Hal itu diungkapkan Agus saat diwawancara di salah satu stasiun televisi swasta, dan tersebar luas dalam video yang berdurasi 1,09 menit di jejaring YouTube. Namun ide Agus ini justru dijadikan bahan olok-olokan netizen.

Juru bicara Agus-Sylvi, Rachland Nashidik pun angkat bicara. Menurutnya, Agus tidak pernah menyatakan "kota apung" adalah solusi yang akan ia pilih untuk mengatasi banjir di Jakarta.

"Perlu diketahui, Agus tidak pernah menyatakan kampung apung adalah solusi yang akan ia pilih bagi Jakarta. Agus akan mempelajari dengan serius alternatif demi mencegah penggusuran," kata Rachland, Jumat (30/12/2016).

Rachland menjelaskan, konsep kota apung disebut Agus dalam argumentasinya berdasarkan pengalaman perjalanannya ke beberapa negara tentang membangun rumah di atas sungai alias mengapung.

Bahkan Rachland menganggap, tersebarnya video tersebut sebagai bentuk kampanye hitam, sebab video tersebut diedit sedemikian rupa sehingga membentuk persepsi yang salah dari masyarakat kepada calon gubernur nomor urut satu itu.

"Video tersebut diberi gambar-gambar tambahan sedemikian rupa hanya untuk menyerang dan membentuk persepsi keliru tentang intelektualitas Agus. Kami sangat menyesalkan kampanye hitam pada Agus Yudhoyono yang diedarkan secara massif melalui media sosial dan aplikasi percakapan pribadi," tegasnya.




loading...

BERITA LAINNYA